PERKEMBANGAN TAREKAT TIJANI DI INDONESIA

Ada 2 fenomena yang mengawali gerakan tarekat Tijaniyah di Indonesia, yaitu pertama, kehadiran Syaikh Ali bin Abdullah at-Thayyib, dan kedua, adanya pengajaran tarekat Tijaniyah di Pesantren Buntet Cirebon. Tarekat Tijaniyah diperkirakan datang ke Indonesia pada awal abad ke-20 (antara 1918 dan 1921 M). Cirebon merupakan tempat pertama yang diketahui adanya gerakan Tijaniyah. Perkembangan tarekat Tijaniyah di Cirebon mulanya ber pusat di Pesantren Buntet di Desa Mertapada Kulon. Pesantren ini dipimpin oleh lima bersaudara, diantaranya adalah K.H Abbas sebagai saudara tertua yang menjabat sebagai ketua Yayasan dan sesepuh Pesantren dan KH Anas sebagai adik kandungnya. Atas perintah KH Abbas pada 1924, KH Anas pergi ke tanah suci untuk mengambil talqin tarekat Tijaniyah dan bermukim disana selama 3 tahun. Pada bulan Muharram 1346 H / Juli 1927 M. KH Anas kembali pulang ke Cirebon. Kemudian, pada bulan Rajab 1346 H / Desember 1927, atas izin KH Abbas kakaknya, KH Anas menjadi guru tarekat Tijaniyah. KH Anas-lah yang merintis dan memperkenalkan tarekat Tijaniyah di Cirebon. K.H Anas mengambil talqin dari Syaikh Alfahasyim di Madinah. K.H Abbas yang semula menganut tarekat Syattariyah setelah berkunjung ke Madinah, berpaling kepada tarekat Tijaniyah dengan mendapat talqin dari Syaikh Ali bin Abdallah at-Thayyib yang juga mendapat talqin dari Syaikh Alfahasyim di Madinah.

Muktamar Jam’iyyah Nahdlatul Ulama ke 3 tahun 1928 di Surabaya memutuskan bahwa tarekat Tijaniyah adalah Muktabarah dan sah. Diperkuat lagi dengan Muktamar NU ke VI tahun 1931 di Cirebon yang intinya tetap memutuskan bahwa Tijaniyah adalah Muktabaroh. Jadi ditinjau dari keputusan NU maka tarekat Tijaniyah sudah ada di Indonesia sebelum tahun 1928, karena jikalau belum hadir di Indonesia maka tidak mungkin NU akan membahas dalam Muktamarnya.

Ulama yang paling mula menganut tarekat Tijaniyah berdasarkan sejarah adalah K.H Anas bin Abdul Jamil (Buntet) yang memperoleh ijazah Tijaniyah dari Syaikh Alfahashim di Madinah dan juga memperolehnya dari Syaikh Ali Thoyyib, kemudian gurunya Syaikh Ali Thoyyib datang ke Indonesia dan menyebarkan tarekat Tijaniyah. Diantara ulama Indonesia yang memperoleh ijazah dari Syaikh Ali Thoyyib adalah :


a. K.H Nuh bin Idris (Cianjur)

b. KH Ahmad Sanusi bin H.Abdurrahim (Sukabumi)

c. KH Muhammad Sujai (Gudang-Tasikmalaya)

d. KH Abdul Wahab Sya’rani (Jatibarang Brebes)
e. KH Abbas, KH Anas dan KH Akyas (Buntet Cirebon)
f. KH Usman Dhomiri (Bandung)
g. KH Badruzzaman (Garut)

Keresahan sebuah tarekat

Tarekat tijaniyah yang dalam wadah NU dihebohkan keabsahannya oleh sebagian besar anggotanya, tetap memperingati iedul khotmi syekh Ahmad Tijani ra di Blado Wetan, Sekitar 15 ribu orang membanjiri komplek pesantren Nahdlatut Thalibin di Blado Wetan, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Kraksan, Probolinggo.

Ini bukan acara unjuk gigi. Tapi kebetulan pada hari itu, 18 Safar, memang hari peringatan iedul khotmi Syekh Ahmad Tijani ra yang kebetulan dipusatkan di situ. Umat dengan khidmat mendengarkan ceramah tentang riwayat Syekh Ahmad Tijani dan keutamaan Tarekatnya, pembicara nya adalah K.H. Ismail Qamaruz Zaman dari Garut, Habib Ahmad bin Abdullah Al-Muhdlar dari Bondowoso (simpatisan, bukan orang Tijani), dan K.H. Muhlas, pimpinan pondok Nahdlatut Thalibin. Yang terakhir ini adalah tuan rumah dan pimpinan Tijani Jawa Timur.

Namun tidak seperti haul yang biasanya, Acara yang diselenggarakan di tempat kediaman K.H. Muhlas, kali ini dimanfaatkan pula untuk membicarakan kritik-kritik tersebut. para muqaddam Tijani se-Jawa dan Madura diundang. Kritik paling formal dilontarkan oleh majalah Risalah NU Jawa Timur, yang menulis sebuah artikel di rubrik Aqidah Syan’ah mengenai keabsahan Tarekat Tijaniyah. Penulisnya K.H. Anas Thahir Syamsuddin, penanggung jawab majalah itu, mengupas segi-segi negatif Tijaniyah dalam tulisan yang berjudul : “Meninjau kembali Keabsahan Tarekat Tijaniyah”.

Diantara pernyataan syekh Ahmad Tijani ra yang dikritik oleh Risalah NU antara lain : Syekh Ahmad Tijani menyatakan, “Dua tapak kakiku di atas leher semua wali, sejak nabi Adam sampai ditiupnya sangkakala (kiamat).” Juga, menurut Syekh Ahmad Tijani, “Umur semua umat manusia tidak berarti sama sekali, kecuali bila mereka mau mengamalkan sholawat al-Fatih lima ughliqo.” Atau “Semua zikir, doa, shalawat yang pernah dibaca oleh semua orang, jika diamalkan selama seratus tahun dan setiap harinya dibaca seratus kali, kemudian pahalanya dikumpulkan, semuanya tak bisa menandingi pahala satu kali saja membaca shalawat al-Fatih lima ughliqo.” Dan “Sekali saja membaca sholawat al-Fatih lima ughiiqo, pahalanya bisa menandingi 6,000 kali khatam Quran.” Karena itulah layak bila, “Kelak di hari kiamat Allah taala tidak akan menghisab (menghitung amalan dan dosa) pengamal tarekat Tijani, bahkan mereka langsung dimasukkan ke dalam surga”.

Dalam tulisannya, K.H. Anas Thahir Syamsuddin, murid K.H. Ali Maksum itu, menggunakan berbagai kitab rujukan tarekat Tijani. Tentu saja, persoalan menjadi hangat. Para pengikut Tijani yang kebetulan berlangganan majalah NU JaTim yang beroplah 7.000 itu terlihat gelisah. Seorang tokoh Tijani dari Probolinggo, KH. Ahmad Fauzan Fathullah, malah menulis sebuah diktat 17 halaman, berisi sanggahan, yang kemudian di sebarluaskan. Heboh Tijani semakin santer. “Tapi yang untung justru kita,” kata K.H. Mukhlas sambil tersenyum, “Sebab, orang banyak jadi ingin tahu tentang tarekat Tijani.”

Tentang doktrin “masuk surga tanpa hisab”, menurut KH Muhlas. “Nabi sendiri menjamin, siapa saja yang di akhir hayatnya mengucap ‘la ilaha illallah’, akan masuk surga.” Nabi juga bersabda,” sepertiga umatku akan masuk surga tanpa hisab.” Tentu saja, Nabi tak pernah mengatakan bahwa mereka itu pengamal tarekat Tijani.

Ada lagi tentang shalawat al-Fatih. “Kita tahu,” kata KH Muhlas, “Membaca shalawat tidak banyak risiko sebagai mana halnya membaca Al-quran, yang harus tahu tajwid, makhraj, dan sebagainya. Padahal, pahala membaca shalawat itu dijamin pasti dapat.” Jadi, persoalannya bukan shalawat itu lebih utama dari Alquran.

Tapi yang terpenting dalam hal ini ialah masalah sanad sebuah tarekat “dengan Nabi”, sebagaimana yang dipercayai oleh kalangan Tijaniyin. Menurut KH Mukhlas, Syekh Ahmad bin Muhammad At-Tijani, yang lahir di ‘Ain Madli, Aljazair, 1150 H, dan meninggal di Fez, Marokko, 1230 H (tokoh peralihan abad 18-19 M), mendapat talkin tarekat dari Nabi Muhammad sendiri ( bukan talkin dalam mimpi ), seperti yang dituduhkan orang. “Ini talkin ‘iyaanan yaqzhotan” (terang-terangan dan dalam keadaan terjaga), atau disebut juga talkin barzakhi. Jadi, kata KH Muhlas, sanad Tijani asli dari Nabi, tidak terputus. Masalah Anda tidak percaya, itu soal lain.

Akhirnya, KH Mukhlas berharap kepada para ulama NU atau para ahli tarekat mu’tabar NU agar tidak usah mengungkit-ungkit persoalan yang sudah disahkan oleh para ulama pendahulu NU. “Sebab, ilmu ulama kini masih belum sebanding dengan ilmu yang dimiliki oleh ulama terdahulu seperti K.H. Hasyim Asy’ari.” Itulah pula sebabnya, dalam pertemuan tertutup di antara para muqaddam Tijani, dibicarakan perlunya mengirim surat kepada PBNU untuk segera menyelesaikan masalah itu. Dan selain itu, dirasa perlu memberikan kitab-kitab Tijani kepada para ulama yang belum tahu betul tentang ajaran ini. Tapi ketika hal itu dikonfirmasikan kepada K.H. Muhlas, ia menjawab. “Memang, ada pemikiran ke arah itu. Tapi selalu saya tolak,” Mengapa? “Saya takut suul adab terhadap ulama yang lainnya. Kalau NU yang memanggil kami, ya, kami akan patuh dan datang.” @

60 responses

29 09 2009
mohd shahar bin mohd wazir

Salam.
Saya yang kini menetap di Malaysia, ingin tahu adakan pengikut tarekat tijani ini di Malaysia.

2 03 2010
rijal

Tolong di beberkan Sejarah sayyid Ali Atthoyyib

20 05 2010
hidayat

asslaamualaikum waromatullohi wabarkaatuh…..
sebelum nya kami minta maaf kami sebagai ihwan toriqoh attijaniyah kami mau nanyak tentang assujar {roko’} apa bener sujar itu dari air kencing nya syaiton….??tolong di perjelas…???dan apa kah bener di zaman rosululloh SAW./syekh ahmad attijany udah ada..??dan kami mintak tolong keterangan nya tentang sujar di per luas agar semua ihwan /muhibbin bisa mempelajarinya…cukup sikian dari kami apabila ada kesalahan dalam kata2 kami minta maaf ber ribu2 maaf wabillahi taufiq walhidayah wassalaamualikum wr wb…..

6 07 2010
Adit

Ass..,sy mau tanya di Pontianak sudah ada belum tarekat tijani,kalau ada tolong alamat dan no.telponnya.

15 07 2010
fauzan

Assalamu’alaikum

semoga akhlaq kita (muslimin dan mu’minin pada umumnya,muhibbin dan ikhwan pada khususnya) da[at bersesuaian dengan akhlaq rasulullah SAW dan akhlaq sayyidi Ahmad Tijani…

salam

29 07 2010
Nizwan Sastrayuda

saya minta amalam hizib bahar dari terekat tinjani

6 08 2010
boomber.elit

saya merasakan perbeda’annya….
di sa’at saya masukthorikoh tijani
allham dullilh… smenjak saya di thalkin saya mrasakan prubahan yang sangat besar

12 08 2010
agus gubuk tijani

torikoh tijani d aD DI MOJOSARI.JL DIPONEGORO ADISONO,LEBAKSONO PUNGGING.TP DALAM KOMUNITAS KECIL. PRTEMUAN TIAP MLM SENEN.

16 08 2010
gomblo

q ingin tau lebih dlm tentang tarekat tijani lbh dlm.

6 10 2010
Ramlan

Istighfar, sholawat dan kalimat Tauhid…
Sungguh amalan dzikir yg paling utama.
Hamba memohon ampun kpd- Mu ya Allah..
Walau akhlaq dan ibadah hamba jauh dr sempurna, tp kami sungguh mencintai Rasul-Mu Muhammad SAW…
Tapi hati hamba sudah teguh dan meyakini bahwa Tidak ada Ilah, kcuali hanya eungkau Ya Allah.
LAA ILAAHA ILLALLAH..MUHAMMADUR RASUULULLAH.

28 12 2010
kiki hamdani

tanamkanlah slalu akhlak yang baik dalam diri kita…!!

29 03 2011
hanum,buntet pesanten

maaf,aq koreksi sedikit,kh abbas bukan berpaling dr thariqoh syathariyah,tp beliau mengamalkan dua thariqah… Yaitu syathariyah n tijaniyah…

5 04 2011
ahmad danial

mw tanya nih!apa benar seorang mursyid dibenarkan untuk menceraikan anak muridnya yg menikah dg orang diluar tarikat

13 08 2011
Achmad rosydin

Asalamualaikum.wr.wb

Bukan ny toriqah tijani tidak bole di barengkan dengan toriqah lain(jika sudah memegang toriqah tijani tak boleh memegang toriqoh lain)?
Terus siapa mukhodam tijani di banten?

13 12 2011
lailatun nurus salamah

asslm
sya mau tnyak,apakah ada larangan untuk kita sebagai ikhwan/akhwat untuk mengetahui foto/gambar Syekh Ahmad bin Muhammad tijani!
Atau apakah ada larangan untuk menggambar Syekh Ahmad at-tijani!
Mohon penjelasannya.terima kasih.

9 01 2012
nasrul al-barbasi

pokoke tijani

25 01 2012
KH. Yunus A. Hamid

Sebenarnya yang bikin heboh dan resah di masyarakat itu adalah orang orang yang tidak mengerti pokok masalah ikut bicara. saya sering bertemu bahkan ada seorang Kyai yang punya jabatan pengurus thariqah mu’tabarah tingkat kecamatan tidak tahu alias tidak ngerti maksud thariqah mu’tabaroh. dan dia kaget begitu tahu bahwa saya adalah seorang pengamal thariqah tijani, lalu dia tanya: Gus, apa thariqah tijani itu mu’tabar?… setelah bincang2 lama baru aku tahu bahwa menurut dia yang dimaksud thariqah mu’tabarah itu adalah thariqah Qadiriyah dan Naqsyabandiyah saja?… subhanallah, ini benar benar aneh tapi nyata, pengurus thariqah mu’tabarah tidak tahu apa itu thariqah mu’tabaroh. ini PR besar bagi aktifis Jam’iyah Ahlu Thariqah Mu’tabarah An Nahdliyah!

26 01 2012
amir sarupudin

setelah saya mengamalkan toriqoh ini saya merasakan perubahan yang sangat berarti terutama dari perubahan dari segi ibadah, yang saya rasakan adanya dorongan yang sangat kuat khususnya untuk menjalankan syariat islam, ssaya sangat bersyukur sekali telah bisa mengamalkan ajaran toriqoh tijani

13 02 2012
Muhammad Insan Kamil

Assalamu’alaikum Wr.Wb…

Saya berharap semoga kritikan dan khazanah tentang tijjani, tambah menarik dan para guru-guru kami diberikan kesabaran yang Allah ridhoi, karna tanpa adanya orang2 yang mengkritik atau mengutak-atik bahkan sekedar ingin tahu tentang Tijani, kapan kita bisa berlatih untuk jd orang yang sabar…,

14 02 2012
kiki

ada ikhwan ga ya di semarang..?

26 03 2012
mohd ramli

salam,,
saya ingin mencari kawan tijani dan di facebook,
sesiapa yg sudi menjadi kawan saya di facebook,
facebook saya ialah Mohd Ramli.

6 04 2012
yazid

Dimanakah belajar thariqoh tijani di Palembang

9 05 2012
ronirohani

asalam mualaikum ke pada seluruh ikhwan tijani per kenalkan nama saya
ronichiesa sabaru 2 bulan belajar tarekat tijani saya baru talkin
dari guru kh muhamad sidiq sukaraja bogor

27 06 2012
kang opiks

semua tokoh tarekat pasti mengklaim bahwa tarekatnya lah yang paling baik…..yang amalan amalan versi tarekatnya lah yg akan menghantar pengikutnya ke arah kehidupan yang lebih baik….bahkan menjamin masuk surga!!!! Tentu saja ini bualan omong kosong semata!!! Kenapa? Karena begitu ditanyakan alasannya,….jawabnya selalu melintar melintir ngalor ngidul ga nyambung…….bahkan terkesan maksain! (lihat aja di tulisan di atas….bab Keresahan Sebuah Tarekat!). Begitu ada Kiai yang mempertanyakan keanehan tarekat Tijani, jawabnya malah nganeh anehin……..bahkan dibilang Kalo ilmu ulama kini masih belum sebanding dengan ilmu yang dimiliki oleh ulama terdahulu seperti K.H. Hasyim Asy’ari.”…….Kalo bandingannya seperti itu,……..apa Bapak Kiai Mukhlas blon tahu Kalo Imam Syafi,i……….ulama mumpuni yang pemikirannya dijadikan rujukan oleh mayoritas Muslim di Indonesia…termasuk K.H. Hasyim Asy’ari,…….bahwa orang yang paginya mendalami tasyawuf maka sorenya akan dtemui dalam keadaan gila!! Saya yakin, maksudnya bukanlah gila dalam arti sebenarnya. Tapi tidak nyambungnya antara pertnyaan dengan jawaban,……apa bukan tanda-tanda dari sebuah ke GILA an???

29 06 2012
kang ujangs

Kang Opiks kalau belum tahu benar tentang tarekat sebaiknya jangan berkomentar miring, tanya dulu pada muqoddam tarekat tijani biar jelas persoalannya baru nt bisa bandingin tuh dengan nt punya manhaj. Tentang pendapat Imam Syafii yang nt kemukakan itu hanya cuplikan bukan yang lengkapnya. jadi jauh deh artinya. Saran saja buat kang Opiks pelajari dulu majhab (Hanafi, Maliki, Syafii dan Hambali) yang lain dari guru yang lain lalu bandingkan dengan nt punya manhaj yg sekarang nt yakini, semoga Allah memperlihatkan kebenaran dan kesalahan dengan jelas didepan anda.
Mohon maaf kang Opiks bukan nasehatin tapi sekedar mengingatkan saja agar kita berhati-hati dalam memilih, Wassalam

13 08 2012
M.Insan Kamil-Islamic Centre

Kang opik…kang opik… Insyaf Kang…jng mencela sebuah thoriqoh Tijani apalagi meng”GILA-GILAIN” orang yg jelas2 ‘alim, saya tinggal di Probolinggo, ketika beliau wafat saya tau betul beritanya tentang wafatnya beliau sebagai kekasih Allah…karena istri saya nyantren di Ponpes Nahdlatut Tholibin dimana beliau selaku pengasuh dan penanggungjawab ketika itu

Untuk itu kang Opik… Banyak istigfar, mohon maaflah kepada Allah dan sekaligus kepada orang yang kang Opik anggap Gila, sy yakin guru2 kami sangat pemaaf kok kang opik.

Makasih kang Ujang, atas partisipasinya, semoga kang Ujang bisa memaafkan kang Opik ya…

20 08 2012
yohanes

koq sesama muslim ribut2 ya…. menurut saya yg salah itu mereka2 yang menyatakan dirinya yang paling benar…. klo mau tau benar salah coba mati dulu tuh ntar ALLAH yg kasih tau

13 09 2012
Suladi At tijani

Kami ikhwan Tharikat At tijani wilayah tamban Batola Kalsel Syukur Alhamdulillah setelah saya masuk menjadi pengikut tharikat attijaniah sangat banyak perubahan dalam perilaku hidup saya ,bertambah yakin dan sabar dalam beribadah kepada Allah. Dan terima kasih kepada muqadam Tamban Drs Nor Efendi dan muqadam Attijani Banjarmasin KH Ahmad Anshari bin H.Hasan Basri, Para ikhwan Tamban sudah kangen kapan buya bersilaturahmi.ke jawiyah Tamban Terima kasih

14 09 2012
syaifuddin

~~Man lam yadzuq lam ya`rif“ dmikian penggalan kalimat yg masyhur dikalangan para sufi & pengamal Thoriqoh ,,coba sj dulu masuk keThoriqoh tsb dan teliti seluk beluknya ke dalam.. bru ambil kesimpulan. ok

3 10 2012
Ismail At

yang punya pin bb berbagi…ini pin bb saya 28F03478 di Invaite aja Ismail asal kalimantan timur…mempererat silaturahim Atijani maaf sebelumnya

6 10 2012
Nafakhatin Nur Ghozali

semoga para ihwan dan akhwat tijaniyyah bisa terus istiqomah,amin

10 10 2012
zhizqy

Assalamu’alaikum Wr.Wb…sebelumnya saya belum tahu secara mendalam mengenai Tharikat At Tijani akan tetapi saya sendiri ingin selalu belajar dan mendalami. saya sendiri biasanya menghadiri pengajian yang di ajarkan oleh Bapak KH.Rosyidi Malawi yang masih keturunan dengan Almarhum Bapak KH Abdul Wahab Syah’roni (Jatibarang Brebes) pengajian yang biasa diadakan setiap hari Rabu dan Minggu. Alhamdulilah jama’ahnya semakin bertambah.Saya sendiri sangat bersyukur sekali dengan adanya pengaruh Tharikat At Tijani kuat di daerah saya memberikan manfaat yang baik kepada semua penduduk disini.. kebetulan wilayah saya itu di daerah Jatibarang Brebes yang pernah menjadi tempat diselenggarakan perayaan Idul Khotmi At-Tijani Nasional 215 sekaligus peresmian Masjid Al-Ittihad Pada tanggal 2 Maret 2008 yang dihadiri kurang lebih oleh 20 ribu santri dan beberapa ulama di Indonesia…..Subhanallah ….

13 11 2012
sarmani (@isar_gantenk)

Manusia tempat salah dan lupa… kritik yang membangunlah yang dirindukan, Kesempurnaan adalah Milik Allah… Tariqah merupakan jalan…… yaitu Jalan Kerohanian…Berjuta2 Manusia…….. begitu banyak juga Problem, begitu banyak pemikiran… hingga banyak bermuncul Tariqah…. !!! jika ditanya tariqah anda ? maka di ada Jawab A,B dan C…….. !!! JIka itu Landasannya Al Qur’an dan Sunnah… serta tanpa kemungkaran Al Qur’an dan Sunnah.. Maka Berjalan lah Tariqah.. Banyak Jalan Mencapai ridha Allah, Salam persaudaraan MUSLIM NUSANTARA

28 11 2012
Taiwo Olashile

after I take this toriqoh Ilife is very meaningful to me, particularly from changes in worship, I feel a very strong presence in particular encouragement to carry out the tenets of Islam, i am very blessed to have been able to practice the teachings toriqoh Tijani

9 02 2013
M Valdes Habib

assalamualaikum wahai moqoddam-muqoddam, saya ingin berbincang dengan anda

12 03 2013
ading

orang yg mempe;ajari tarekat apapun, akan merasa diri nya lebih dekat dengan sang pencipta,,,di bandingkan dengan orang lain, mereka mengaku lebih mengenal sang pencipta,

24 03 2013
Hafidz Apid

asallamualaikum,saya tanya.apa balasannya bagi ihwan yg sudah tidak mau mengamalkan wirid-wiridnya

1 05 2013
Jaka buntet togog

Salam silaturrahmi kami ( IKHWANUL QOHWATI )..
Mohon do’anya seluruh ikhwan tijani semua’y, bt Almarhum Al Marhullah Sayyidi As Syekh KH. Abdullah Syifa Akyas ( Muqoddam Thoriqoh Tijani sejawa barat)..
Semoga beliau sllu dlm Rahmat Alloh SWT…Aamiin Ya Robbal ‘alamiin

2 06 2013
Diti Sutomo (@SutomS)

Betul tuh kata yohanes, masa sesama muslim saling mencela itu gak baik, bisa berdosa kita. kebenaran hanya milik Allah, kita manusia ini penuh dengan kekurangan dan Allah memberikan kita kesempatan untuk dapat berbakti dengan mengikuti Qur’an dan Hadits. buat yang mau keselamatan yg kekal dan kebenaran, mari kita kembali kepada Qur’an dan Hadits.
wallahualam bissawab

6 08 2013
harman

yang tak abis pikir sama saya adalah:apa agama yang di bawa nabi muhammad itu belum sempurna sehingga dia mendatangi seh tijani dalam keadaan terjaga ,mengajari wirit-wiritnya…padahal ayat yang terakhir turun sudah jelas..bahwa ALLAH menyempurnakan dan meridoi islam sebagai agama …jadi kalau kita berpikiran begitu menganggap agama ini belum sempurna sehingga nabi keluar dari kuburnya untuk menyampaikan yang terlupakan kepada seh tijani….

4 09 2013
Fatih Karawang

mantap

27 09 2013
ASWAJA

Nggeh ngeten niki lek pembahasan/perdebatan tiang engkang mboten ahlie ‘Semrawut / Amburadul’ monggo koreksi pribadi sareng-sareng dulur..
Sedoyo agama dugi langit lan bumi sami-sami sae seng penting tujuane, wonten tiang seng mados dalan tebeh wonten tiang seng mados dalan alternatif wonten seng tol lan laen-laen sedulur. Intine sebongso lan senegoro tetep akur lan sami-sami meghormati lan memperkokoh bangsa NKRI. (Baca & Pahami, Bertanya pada ahlinya)

29 09 2013
zahro maning

kapan pelaksanaan idul khotmi nasional di kota jember

29 09 2013
zahro maning

Assalamu’alaikum, MIN tanya, kapan ya pelaksanaan idul khotmi nasional di kota jember

21 10 2013
Fattihabdullah

Saya senang thorikhoh tijany.dari blitar jatim

2 11 2013
dhonny sinatriya

Assalamualaikum ikhwan fillah,,,

7 12 2013
sahbudin

My sobat, ini amalan untuk meningkatkan energi versi Babussalam bintara bekasi yang beriklan sanagt bombastis di majalah misteri, PENGECASAN DAN PENYALURAN 17cupu

1. BASMALLAH
Bismillahir rahmanir rahim
2. ISTIGHFAR
Asthaghfirullaahal azhiim
3. SYAHADAT
Asyahadu allaa ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadar rasuulullah
4. SHOLAWAT
Allaahumma shalli ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aalihi washahbihi wa sallam
5. HAUQOLAH
Bismillaahi alhamdulillaahi tawakkaltu alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illa billah
6. SURAT AL FATIHAH
7. DOA ALIF 1
Bismillahirrahmanirrahim, Aku tegak seperti Alif, Aku duduk seperti waw,Aku menegakkan Qudrat Allah, Akulah yang masuk dalam kalimah Laa ilaaha illallah Muhammad Rasulullah

DOA SPIRITUAL 1
Bismillahirrahmanir rahim bis teguh-bis teguh-bis teguh, dzat kuat-dzat kuat-dzat kuat, lah asih-lah asih-lah asih, dzatullah, sifatullah, wujudullah kun fayakun, kuat-kuat-kuat teguh-teguh-teguh selamat-selamat-selamat Laa hawla wa laa quwwata illah billah.

DOA SPIRITUAL 2
Bismillahir rahmanir rahim, Asyhadu taguh paluput ilallaahu tan katun
8. SISTEM PERAWATAN ZAT
Zikir nafas Huu…Allah
9. SISTEM PENDINGINAN
Zikir nafas Allah…Huu
10. SISTEM PENGECASAN ZAT
Laa ilaaha illallaah (dibaca dgn lisan) diakhiri dgn Muhammad Rasulullah
11. PENYALURAN ZAT TYPE 1
Sarau majid katiwal hati kumul
12. PENYALURAN ZAT TYPE 2
Ahdad mahdiad
13. DOA SPIRITUAL 5
Raura bismi adam tiada memberi bekas, ada bekas tiada luka subhanaka allaahumma rabbanaa wabihammdika allaahummaghfirli, yaa Allah aku tiada luka berkat kalimah Laa ilaaha illallaah Muhammad Rasulullah
14. DOA ALIF 2
Bismillahir rahmanir rahim, Aku tegak seperti Alif, Aku melangkah seperti Lam Jalalah, yaa Nur payungi aku, tiada rusak aku, tiada binasa aku, tiada hancur aku, sebelum rusak ‘Alif itu, akulah yan masuk, kedalam kalimah Laa ilaaha ilallah Muhammad Rasulullah.
15. DOA TOLAK BALA
Allaahumma idfa’annal bala wal waba wa qaidal haasiriina wal haasidiina wazh-zhaalimiina
16. DOA SAPU JAGAD
Rabbanaa aatina fid-dunia hasanah wafil aakhirati hasanah wa qinaa azaaban naar
17. SHOLAWAT PENUTUP
Wa shallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam
18. SYUKUR (HAMDALAH)
Wal hadulillaahir rabbil ‘aalamiin.

silahkan diamalkan bagi yang mau, gratis kalau beli di babussalam bintara bekasi harga diatas 80 juta rupiah, beriklan dimajalah misteri yang sangat bombastis

11 12 2013
mchusnanto

allhamdulillah lancar acara idul khotmi di garum blitar..

21 12 2013
bayu

test

23 12 2013
sugiarto ikhwan tijaany

al auliya-i waratsatal kummalatal anbiya-i para wali ad sebagai pewaris kesempurnaan para Nabi ,kita mencintai para auliya’ sama saja kita mencintai Para Nabi .semua thoriqah itu dibawa oleh seorang waliyullah yg berkedudukan mulia dihadapan Allah.djika kita ingin selamat dunia dn akhirat tempuhlah dr 360 thoriqah yg dibawa oleh para waliyullah .semua thoriqah itu baik dn punya aturan /syarat /cara tersendiri namun tujuan nya sama ridlo Allah .yg bukan ikhwan tijaany jgn coba coba memmberi pendapat/berbicara tijany sebaliqnya begitu jg.kitA IKHWAN TIJAANY.syaikh Ahmad berwasiat kpd kita u memuliakan semua para auliya’.syaikh tdk mempermasalahkan ikhwan tijaany biar diapun rd mahdzab imam sfi’i dll.jgn merasa makrillah dihadapan Allah walaupun kita berthoriqah hal ini ditegaskan juga di tijaany…yuk kita berlomba lomba menjadi ummat Nabi saw yang Ahli berthoriqah/berakhlaqtul qarimah smgo kita dijadikan hambanya yg berkedudukan mulia.Allahumma shalli ‘ala sayyidina muhammadinil fatihi lima ughliqa wal khatimi lima sabaqa nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ‘ila shirathikal mustaqim wa ‘ala alihi haqqa qad rihi wamiqda rihil ‘adhiim

25 12 2013
raji najasyi

aassalamuallaikum

Siapa pimpinan tarekat tijany se .indonnesia

Dan yg dijakarta

29 01 2014
Awam sekali

Ya Allah ya rasul.,
jalan menujuMu yg kusangka sederhana trnyata terjal, berliku n penuh labirin.
Aku yg awam ingin menghampiriMu dg berbagai cara. Trnyata membingungkan,
ibnu arabi bilang bahwa surga n nerakaMu fana, pdhal rasul bilang kekal, al hallaj bilang Kau masuk ke dlm dirinya, busthami bilang neraka akan padam sebab dirinya, tijani bilang fatihi lebih utama, dan umatnya dijamin surga, syadzili bilang 1x baca hizb nashr = 6000 x hatam qur’an, a q jaylani bilang hizb authad itulah paling utama, syi’ah bilang imam husain mahluk utama, wahabi bilang itu semua kurafat, islam lib mentertawakan ini semua.
Ya Allah ya rasul,
bimbing aku meneladani ahlak rasulMu, sahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in, imam madzhab.
Bimbing aku meneladani ahlak a q jaylani, syadzili, tijani, syattari, dll sampai kpd gus mus, tanpa Kau beri sifat merasa yg paling benar. Karena selalu terngiang ucapan syaidina umar r.a ‘seandainya diumumkan bahwa semua masuk surga kecuali seorang, sudah pasti kuanggap yg seorang itu aku’
ya Allah ya rasul, semulia umar bicara begitu, bgmana aku harus menilai diri???..
Astagfirullah al adzim

22 02 2014
karebet

lanjutkan……

30 03 2014
umar

saya lagi cari silsilah buyut KH malawi dan H mas’ud jatibarang

30 03 2014
moh rifa,i amrulloh

monggo x ikut toriqoh mu,tbr anda sdh baek n sdh d jln x baek jd jngn d kotori kbaikn tsbt dngn mencela penganut thorqh x laen oc…

10 06 2014
Fiqi Rudiyanto

assalamualaikum wr,wb
saya dri ikhwan attijani banyuwangi,. semua torikoh yang disahkan oleh MUI itu baik,. bahkan nabi muhammad saw menganjurkan untuk ikut dalam salah satu torikohnya,. dari berbagai macam2 torikoh di indonesia atau dunia itu memiliki pemimpin atau guru masing2., jika anda mengikuti torikoh, berarti anda harus menjalankan ajaran torikoh yang anda pilih.. di ibaratkan sebuah BUS. tiap BUS pasti ada sopirnya.. anda tidak bisa menaiki sebuah 2 BUS sekaligus yang jalurnya berbeda-beda. seperti layaknya torikoh anda tidak bisa mengikuti 2 torikoh sekaligus karena tiap torikoh itu jalannya berbeda dan pemimpinnya juga berbeda.. sekian pendapat saya. wassalamualaikum wr,wb

16 08 2014
7 09 2014
saridin putu mbah kramatkunci

tepuk tangan…. hai orang2 bodoh yg brdebat mslh toriqoh. n hai org2 pintar yg pny pandangan at komentar bijak n tidak memihak, memang it lah manusia, udah masuk toriqoh, mrasa palg selamat d akhirat, udah pny guru trus masing2 merasa gurunya plg hebat palg benar n mrasa bhwa toriqoh lain it masih kelas teri, masuk toriqoh it bukan unt menang debat tp menemukan rasa, lha iki kog malah do tukaran..

8 09 2014
supriyadi attijani

dah ikut thoriqoh attijanikan???? dah jgn nengok kemana mana biar dapat barakah dan karomah syaidi syech ahmad bin muhammad attijani, amalan yg tebaik 1 yang dilakukan dia istiqomah. insya allah. mutaroba syeh tamimi banten

27 10 2014
rini aqiilah

assalamualaikum.. saya ingin bertanya, apakah tarekat tijani dengan tarekat tarjani adalah hal yang sama? atau ia memang berbeda dari segi bahasa dan istilah.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: