ABU NAWAS DIUSIR DARI KOTA

22 04 2009

 

Mimpi buruk yang dialami Baginda Raja Harun Al Rasyid menyebabkan Abu Nawas harus diusir dari negeri kelahirannya sendiri. Abu Nawas tidak berdaya. Bagaimanapun ia harus segera menyingkir meninggalkan negerinya hanya karena mimpi sang raja. Baginda Raja berkata :

“Tadi malam aku bermimpi bertemu dengan seorang laki-laki tua berjubah putih. Ia berkata bahwa negerinya akan ditimpa bencana bila orang yang bernama Abu Nawas masih tetap tinggal di negeri ini. Ia harus diusir dari negeri ini sebab orang itu membawa kesialan. Ia boleh kembali ke negerinya dengan syarat tidak boleh dengan berjalan kaki, berlari, merangkak, melompat-lompat dan menunggang keledai atau binatang tunggangan yang lain.”

Abu Nawas pun diusir meninggalkan rumah dan istrinya. Setelah beberapa hari Abu Nawas berada di negeri orang, ia mulai diserang rasa rindu.

Pada hari ke 19 Abu Nawas menemukan cara lain yang tidak termasuk larangan Baginda Raja. Setelah segala sesuatu nya dipersiapkan, Abu Nawas pun berangkat pulang.

Desas-desus tentang kembalinya Abu Nawas segara menyebar cepat. Kabar kepulangan Abu Nawas juga sampai ke telinga Baginda raja. Rakyat gembira melihat Abu Nawas pulang, karena mereka mencintainya. Sedangkan Baginda Raja merasa yakin kali ini pasti Abu Nawas tidak akan bisa mengelak dari hukuman.

Tapi Baginda amat terkejut melihat cara Abu Nawas pulang ke negerinya. Baginda sama sekali tidak pemah membayangkan kalau Abu Nawas temyata bergelayut di bawah perut keledai. Sehingga Abu Nawas terlepas dari sangsi hukuman yang akan dijatuhkan, karena Abu Nawas tidak mengendarai keledai.   @

SUMBER : http://nu.id


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: